Maraknya Penipuan Di Dunia Maya


Seiring dengan berkembangnya teknologi dan informasi, banyak sekali hal-hal positif dan negatif yang merupakan dampak dari perkembangan tersebut. Dampak positif mungkin sudah banyak yang merasakannya, salah satunya adalah kita bisa berkomunikasi dengan orang lain meskipun berbeda tempat yang jauh jaraknya. Kita juga bisa mendapatkan suatu informasi/data mengenai berbagai hal hanya melalui internet, bahkan berbelanja pun juga bisa. 

Namun yang kita bahas disini adalah dampak negatif dari perkembangan teknologi dan informasi di negara kita ini. Bentuk dari dampak negatif itu sangat bermacam-macam, misalnya adalah pelecehan nama baik, dan yang paling fatal adalah penipuan. Banyak sekali kasus-kasus penipuan akibat dari perkembangan teknologi informasi di negara kita ini. 

Pernah saya melihat berita di TV tentang hilangnya seorang anak perempuan gara-gara facebook. Kira-kira apa penyebabnya? tentu sebuah rencana penculikan yang dilancarkan melalui facebook dengan menggunakan akun palsu. Korban diiming-iming dengan banyak hal dan foto-foto yang sebenarnya itu palsu, kemudian penipu tersebut mengajak korban untuk melakukan pertemuan. Tentunya orang yang awam pasti mudah menerima ajakan itu karena tergiur dengan hal-hal palsu dari penipu tersebut sehingga rencana penculikan pun berjalan dengan lancar.

Ada juga kasus penipuan yang sekarang banyak terjadi, yaitu pada bidang jual-beli online. Mungkin banyak dari anda yang pernah mengalami atau tertipu, bahkan saya sendiri pun pernah. Waktu itu saya masih awam sekali dalam transaksi online, saya mudah percaya karena memang penjual itu terlihat pro dalam beriklan. Saat itu bukan barang yang diiklankan olehnya namun sebuah akun twitter dengan puluhan ribu followers. Saya tergiur dan tanpa berfikir panjang saya mencoba menghubungi penjual itu lewat facebook. Namun setelah saya order (membayar) ternyata akun fb saya diblokir dan penipu tersebut tidak bisa dihubungi lagi. Untung saja nilai nominalnya tidak begitu besar. Sejak saat itulah saya tidak mau membeli sesuatu online pada orang yang tidak benar-benar dapat dipercaya. 


Saya juga hampir tertipu lagi lewat facebook dalam bidang *carding*. saya sangat penasaran dan ingin sekali mengenal apa yg namanya carding, sehingga saya mencoba untuk minta diajarkan tentang carding kepada satu akun facebook yang pernah mengiklankan hal-hal tentang carding. Namun ada suatu keganjilan dalam percakapan lewat private massage facebook dengan orang itu yang menyelamatkan saya dari penipuan. bisa dilihat di gambar ini percakapannya :

satu keganjilan pertama adalah harga, kenapa murah sekali?
saya baca-baca di kaskus saja harga belajar bisa ratusan ribu hingga jutaan rupiah.


yang kedua adalah kenapa dia tidak memakai modem? bukannya carding itu lewat PC karena menggunakan software tertentu dan juga butuh koneksi internet? kalau dia memakai wifi, kenapa masih harus isi kuota dan online facebook lewat handphone?
Setelah mengetahui keganjilan itu, kemudian saya coba stalking di wall facebooknya dia, ternyata akunnya baru saja bergabung di facebook dan informasi-informasi pribadinya tidak lengkap. Karena itu saya tidak membalas pesannya lagi untuk menghindari penipuan.


Kasus penipuan lain adalah pelecehan nama baik atau identitas palsu yang mengatasnamakan orang lain. Hal ini biasanya terjadi di facebook dan BBM.Terkadang di beranda facebook muncul kiriman bertuliskan "add temen aku ya, anaknya baik lagi nyari pacar, ini link fb nya" dengan menyertakan foto-foto syur artis/model yang seakan menggiurkan. Padahal itu belum tentu akun asli milik orang yang ada di foto-foto tersebut.

Saya juga pernah mengalami penipuan pin bbm yang mengatasnamakan seseorang. Sebelumnya saya diinbox oleh perempuan yang sangat cantik dan hot lewat facebook dan menanyakan pin saya, dia mengaku sebagai perempuan yang ada pada gambar di atas. Di akun facebooknya (winny putri lubis). Memang profilnya sepintas seperti bukan palsu karena full upload foto dan update status selayaknya akun facebook biasa. Setelah memberinya pin saya, dengan cepat dia invite dan langsung saya accept juga. 

Dia sering mengganti DP dan PM seolah itu benar-benar kak winny putri lubis. Namun yang aneh adalah caranya chat di bbm yang selalu membicarakan hal kotor dan membuka aib tentang dirinya. Dari itulah saya curiga, kenapa dengan dia? membuka aib seolah itu hal biasa, tidak mungkin kan? Dia sering mengirim foto dan video tentang dirinya, padahal saya tahu video itu diambil di youtube karena saya juga mencoba browsing di youtube tentang video kak winny. Semua video yang dikirim sama persis dengan yang ada di youtube.

Karena kecurigaan saya itu, saya coba tes dia dengan pertanyaan-pertanyaan dan dia jawab dengan enteng seolah itu benar-benar kak winny. Namun setelah saya meminta hal seperti yang ada di gambar, dia tidak berani :



Nah disitu sudah jelas kalau dia bukan kak winny. kemudian saya mencoba mencari pin bbm orang itu di di beberapa web hingga menemukan pin yang sama disuatu arsip twitter. BINGO! akhirnya saya tau siapa pelakunya lewat twitter meskipun saya tidak kenal dengannya. Tetapi arsip bio (description) itu tidak sama dengan bio nya yang sekarang, termasuk pin bbmnya. Yang sama sekarang hanya tanggal lahir, sekolah dan eskulnya. Maklum saja namanya juga arsip lama twitter. Mungkin dia ganti pin bbm di bio nya biar tidak ada yg tahu, namanya juga penipu :


Mungkin bukan dia saja yang melakukan hal-hal seperti ini. Semua pelakunya bisa saja diproses hukum terkait pasal pencemaran nama baik. Karena inilah saya merasa kasihan dengan kak winny, dia cantik tapi banyak penipu yang menggunakan foto-foto cantiknya itu untuk hal-hal yang tidak baik. Semoga para penipu itu cepat sadar dan bertobat. 

Nah, dari segala ocehan saya diatas tentunya sudah memberikan siratan pada kalian agar selalu berhati-hati dan tidak mudah percaya dengan orang yang belum kita kenal di dunia maya. Namun sebelum saya akhiri artikel ini saya akan memberikan beberapa tips menghindari penipuan di dunia maya :

1. Jangan mudah percaya
mudah percaya berarti anda bodoh. Jadilah orang yang selalu berfikir kritis sebelum mempercayai sesuatu.

2. Kenalilah, dengan siapa anda berkomunikasi
Jika suatu saat anda mendapat suatu promo atau sesuatu yang menggiurkan dari seseorang, coba cek dengan kritis profil dari orang tersebut. Konsultasikan pada orang terdekat anda terlebih dahulu siapa tahu anda mendapatkan info yang penting tentang orang tersebut.

3. Jadilah cerdik
Anda harus bisa sepandai mungkin untuk mengetahui siapa dia sebenarnya yang berusaha mendekati anda atau merayu anda agar mau menerima tawaran atau ajakannya. Misalnya dengan search data yang berhubungan dengan dia di berbagai media atau web, seperti kasus saya diatas dengan search pin BBMnya. dan lain-lain

4. Tanyakan testimoni jika mau belanja online
Testimoni pelanggan jual-beli online memang sangat penting untuk mempercayakan calon pelanggan lainnya. Namun bila sudah ada testimoni, jangan asal percaya. Testimoni yang asli menggunakan bahasa yang lebih enjoy dan kalimatnya lumayan panjang. Sedangkan testimoni palsu hanya menggunakan kata-kata singkat seperti "its good" "its recommended" "recomended seller" dan lain-lain.

5. Minta trial jika mau menggunakan jasa online
Tanyakanlah kepada pemilik jasa online yang anda minati untuk sebuah trial guna menghindari penipuan



6. Amati Harga bila berbelanja online

Mendapat diskon di beberapa website olshop mungkin sudah wajar. Namun bila anda mendapat suatu promo barang yang harganya sangat murah dibandingkan dengan penjual manapun, maka anda harus berhati-hati, bisa-bisa itu adalah barang yang diperoleh secara tidak halal atau hanya sekedar penipuan.


7. Jangan sembarangan klik active link

Terkadang link dari seseorang yang tidak anda kenal malah bisa membuat celaka seperti web virus. Meskipun dia bilang "ini link untuk download foto sexy aku" jangan pernah sembarangan di klik! ada juga link web referral yang apabila anda klik link tersebut maka yang memasang link itu akan mendapat keuntungan besar.


8. Memperkuat Iman

Dengan memperkuat iman maka anda pasti bisa menahan segala godaan dan hawa nafsu yang membuat anda tergiur dengan berbagai hal.


9. Berdo'a
Berdoalah sesuai kepercayaan masing-masing agar selalu mendapat perlindungan dan terhindar dari fitnah juga hal-hal buruk.

Dan cukup seperti itu yang bisa saya sampaikan dalam artikel ini, semoga bermanfaat untuk anda para pembaca. Terimakasih telah meluangkan waktu untuk membaca.



Admin Team