Tentang File Part berformat .001 .002 dan Seterusnya


Sesuai judul artikel, kali ini saya akan share bagaimana cara menggabungkan dan membuat file partial yang berformat .001 .002 .003 dst. Nah, format file itu adalah format khusus untuk file yang telah dipecah-pecah (di split) menjadi beberapa bagian dengan berbagai tujuan tertentu. Software yang digunakan dalam kasus ini adalah software yang bernama HJSPLIT. Fungsi dari pembuatan file yang dipecah-pecah ini salah satunya adalah untuk para uploader, jika file terlalu besar bisa di pisah menggunakan cara ini sehingga memudahkan proses upload. Oke, langsung saja simak tutorial berikut.



#1. Cara memecah file (agar menjadi file .001 .002 dst)
pertama, download dulu software HJsplit nya Disinisetelah itu buka softwarenya dan klik Split, atau gunakan shortcut "alt+s"





Lalu pilih file yang ingin dipecah dan tentukan ukuran tiap pecahan sesuai selera kemudian klik start dan tunggu hingga proses selesai.




Nah, jika selesai nanti pasti sudah ada file .001 dan seterusnya di direktori file yg dipecah tadi


#2. Cara menggabungkan file .001 dst tadi
Buka software HJsplit nya, klik join atau gunakan shortcut "alt+j"


Klik input file dan pilih file yang berformat .001 saja sudah bisa karena software bisa langsung mendeteksi file .002 dst asal file .002 dst tersebut berada dalam folder yang sama, setelah itu klik start. Tunggu hingga proses selesai.


Bagaimana? mudah bukan? sebenarnya tidak ada sesuatu yang sulit selagi kita mau belajar :) keep learning anything that you want, and thanks for visit

Admin Team