Tutorial Instalasi Plugin RPC Autocad 2011


RPC (Rich Photorealistic Content) merupakan plugin besutan Archivision yang memiliki fungsi sebagai pelengkap desain 3 Dimensi berupa content tambahan atau penunjang desain seperti material landscape (tumbuhan), interior and office, otomotive, serta bentuk manusia buatan 3D yang sudah tersedia. RPC Plugin bisa dipasang di berbagai software desain atau modelling, namun yang di bahas disini adalah untuk Autocad 2011 baik 32bit maupun 64bit. RPC ini tentunya sangat berguna bagi kalangan desainer bangunan yang suka modelling menggunakan Autocad karena sudah terbiasa. berikut adalah cara pemasangannya :

#1. Pasang RPC Content Manager
Kamu bisa Download Setupnya Klik disini, lalu jalankan 'RPC_Content_ManagerSetup.exe'. Instal seperti biasa, jika ada notifikasi seperti di bawah ini, khusus firewall pilih 'cancel'. Untuk pengaturan folder RPC jangan diubah. Lalu Klik 'Configure'. (matikan koneksi internet)
Pilih cancel
Klik Configure
Klik tab 'Advance', lalu hilangkan centang pada 'Automatically connect...' dan 'Notify me when update...' lalu pada 'where is archivision' ubah menjadi 127.0.0.1, lihat gambar.

After that, Klik tab 'Licenses' dan klik 'copy' pada 'content manager ID' dan buka software 'GXF_RPC_Key.exe' dan pastekan disitu. setelah paste, klik 'make license' (sebelah kiri bawah). Arahkan atau 'browse' folder RPC (C:\RPC), jika berhasil akan ada notifikasi done.
Klik Copy
Klik make licfile
Browse to C:\RPC, jika done, close semuanya

#2. Block Aplikasi Archivision di Firewall.
Caranya dengan klik start, search 'firewall' lalu pada 'inbound connection' klik 'add rules'. Untuk jenis rule pilih program, lalu browse, arahkan ke 
C:\Program Files(x86)\Archivision\Archivision Content Manger\rpcACMgui.exe (64bit)
C:\Program Files(x86)\Archivision\Archivision Content Manger\rpcACMapp.exe (64bit)
C:\Program Files\Archivision\Archivision Content Manger\rpcACMgui.exe (32bit)
C:\Program Files\Archivision\Archivision Content Manger\rpcACMapp.exe (32bit)
Untuk action pilih 'Block'
Block these app

#3. Reboot PC kamu

#4. Instal Plugin RPC
Jalankan 'RPCPlugin_ACAD2011_32bit.exe' atau 'RPCPlugin_ACAD2011_64bit.exe' sesuaikan OS kamu. Instal seperti biasa. Proses ini dilakukan agar plugin bisa digunakan di autocadnya. Kamu bisa unduh pluginnya disini :

#5. Instal Archivision Dashboard Manager
Fugsinya adalah untuk mendownload content RPC seperti tumbuhan, mobil, manusia, dan lain-lain. Sebenarnya proses ini dulu jika versi ori, tapi ini demi menghindari error saat aktivasi. Instal seperti biasa. Jika sudah, buka 'Archivision dashboard manager' dan 'login/signup' (butuh koneksi internet) setelah itu kamu bisa download semua content yang ada di dashboard secara gratis. Jika sudah, kamu bisa cek apakah RPC sudah ada di autocad dan menggunakannya. 
Tampilan Dashboard, download klik "3D" Button
RPC Siap digunakan
Seperti itulah cara instal RPC Plugin untuk autocad 2011. Untuk cara memakainya mudah, tinggal klik tombol + orange sebelah kiri. lalu pilih content yang diinginkan. Sebenarnya admin memiliki content pack yang lumayan banyak, namun ukurannya cukup besar, sekitar 3GB. Lain kali akan di upload jika memang banyak yang membutuhkan. Karena sebenarnya kamu bisa download sendiri melalui Archivision Dashboard.

Admin Team