Membuat Video Tutorial Dalam Bentuk GIF


Kamu pasti pernah melihat suatu tutorial misal tutorial instal suatu software, tapi kok dalam bentuk gambar bergerak? sebut saja gif. Saya juga awalnya penasaran bagaimana mereka membuatnya. Hingga pada akhirnya saya putuskan untuk menyelam ke dalam lautan google. Banyak sekali memang caranya, tapi saya punya cara yang lebih mudah dengan software yang ukurannya tidak terlalu besar. Nama software tersebut adalah ScreenToGif. Software ini gratis dan tidak memerlukan cr4ck apapun. Anehnya, meskipun gratis, tapi fasilitasnya lumayan lengkap.


Tampilan awal memang sangat simple. Kamu bisa memilih cara mengambil Screen yang akan dijadikan gambar gif. Ada 3 cara, yaitu "Recorder" "Webcam" dan "Board". Lengkap bukan?. Recorder dikhususkan untuk membuat sebuah tutorial dan sejenisnya. Webcam dikhususkan untuk merekam diri kita atau lainnya melalui kamera PC dan diubah menjadi gambar gif. Board dikhususkan untuk membuat tulisan atau gambar layaknya Samsung Galaxy Note, kita bisa menggambar apapun dalam board dan dijadikan animasi GIF. Selain itu, Software ini juga dilengkapi editor yang memungkinkan anda untuk mengkoreksi gambar tiap frame dan mengkustomisasinya.

Jadi, jika kamu ingin membuat tutorial dalam bentuk GIF, tinggal pilih recorder lalu klik start record. Kamu bisa mengatur kualitas melalui menu options. Ukuran layar juga bisa disesuaikan, tinggal seret pojok jendela softwarenya. Setelah klik stop, mungkin jendela software akan hilang, tapi jangan khawatir, itu sedang dalam proses, lalu beberapa detik kemudian jendela editor akan muncul. Kamu bisa menyimpan dalam format GIF dan juga dalam bentuk video. 

Pertama Klik "Recorder"

Klik Record, dan silahkan membuat tutorial.

Jika sudah, klik stop lalu tunggu hingga muncul editor.


Kamu bisa edit semaumu, atau langsung bisa Save as GIFContoh hasil tidak jelas saya, kualitas lupa masih saya tinggikan jadi sedikit lambat.


Sangat-sangat mudah sekali bukan? Kamu bisa menugnduh softwarenya melalui link berikut ini : Sedot gan. Untuk selebihnya bisa kamu kreasikan sendiri. Semoga bermanfaat ya. Terimakasih telah berkunjung, semoga kita sama-sama sukses.


Admin Team