Mengecilkan Ukuran File PDF dijamin work


Pada artikel kali ini, saya akan memberikan tutorial untuk mengecilkan ukuran sebuah File PDF. Kenapa harus dikecilkan? nah, beberapa waktu lalu saya menemukan sebuah kasus yang mengharuskan saya untuk membuat file PDF dengan ukuran kecil. Waktu itu adalah saat pendaftaran SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Untuk mengisi daftar prestasi, saya diharuskan upload scan sertifikat dalam bentuk PDF. Nah, awalnya saya santai saja untuk scanning sertifikat. Namun pada saat proses uploading pada situs pendaftaran, ternyata ukuran file dibatasi hanya 1MB. Padahal ukuran file sertifikat saya lebih dari 1mb. Awalnya memang sedikit panik, namun akhirnya saya ingat bahwa saya punya software pengecil PDF hasil browsing jaman purba dahulu :p.

Nama software tersebut adalah "PDF Reducer". Langsung saya gunakan software tersebut dan hasilnya memang memuaskan. Ukuran awal 4MB berubah drastis menjadi hanya 300KB. Baiklah langsung saja anda simak tutorial di bawah ini :

1. Download dan instal seperti biasa software PDF Reducer melaui link ini : Klik Disini | 14MB
2. Siapkan file PDF anda lalu copy ke sebuah folder baru misal ke folder "file asli"
3. Buat folder baru lagi misal bernama "Hasil Reduce".
4. Buka software "Orpalis PDF Reducer" melalui start atau terserah anda.
5. Pada pilihan source silahkan anda browse folder "file asli" tadi yang bersisi file PDF anda.
6. Pada pilihan destination silahkan anda browse folder "Hasil reduce" tadi


7. Klik start Batch.
8. Done. File yang awalnya 3MB berubah drastis menjadi 300KB.



Bagaimana? Mudah bukan? Langsung anda coba sendiri saja ya, semoga bermanfaat dan terimakasih telah membaca. 

Admin Team