Mengatasi PC yang nge-LAG akibat Svchost


Beberapa waktu yang lalu, saya mengalami satu hal yang sangat menjengkelkan, yaitu laptop saya tiba-tiba nge-LAG tidak karuan dan berattt sekali meski hanya untuk memindahkan kursor. Bahkan setelah pencet Ctrl+alt+del pun lama tidak ada respon. Akhirnya saya lakukan hal kejam terhadap laptop saya, yaitu dengan mematikan secara paksa (menekan tombol power beberapa detik). Waktu laptop saya hidupkan kembali, saya pun lakukan cek disk, membersihkan file sampah, uninstal software yang tidak berguna, dan lain-lain yang berhubungan dengan Tweaking system. 



Memang ada dampaknya sih, laptop jadi lebih enteng. TAPI ! keesokan harinya pada saat asik-asiknya browsing, laptop saya kumat lagi -_- Duh. Tapi tanpa dikuasai rasa kepanikan, saya pun dengan sabar mengarahkan kursor ke taskbar, klik kanan kemudian start task manager. Dengan full of slow motion, saya klik "show process from all user", lalu skrol ke bawah. Akhirnya apa yang saya dapatkan??? doorprize mobil avanza //bukan. Saya menemukan sebuah program yang tidak jelas namun memakan RAM sebesar 600MB :' laptop saya RAMnya cuma 2GB, 1.2GB udah dipake buat aktifitas, eh malah ketambahan 600MB, ya jelas overdosis nih laptop. Usable RAM tidak full 2GB.



Ya, nama file itu adalah SVCHOST.EXE !! nama yang keren yang tidak pantas untuk dicurigai, namun penuh misteri. Itu merupakan file system dari windows, dan saya benar-benar tidak percaya. Namun, saya ingat satu hal yang dulu pernah baca pada sebuah artikel (udah lama) tentang Svchost ini. Tidak banyak yang saya ingat, namun yang jelas adalah svchost ada hubungannya dengan Windows Update. Nah dari sini saya menemukan pencerahan. Mungkin karena kebiasaan saya yang sering online di laptop, jadi windows update ikut nyangkut melakukan proses updatenya. Dan cara mengatasinya pun sepele ! Cukup lakukan hal berikut ini :


- Pergi ke Control Panel

- Pada kolom Pencarian ketikkan "windows update" lalu enter
- Nah pada menu sebelah kiri ada pilihan "Change Setting", pilih itu
- Disinilah yang harus diatur. Ubah pengaturan menjadi "Never Check For Update".
- Selesai


Simple bukan? tapi dampaknya mezing sekali ! Hingga saat ini laptop saya tidak pernah kumat lagi, sembuh total meski tiap hari nyambung ke internet, terimakasih klink tongpang. Jadi intinya, matikan Windows Update, karena dampaknya bukan hanya pada svchost saja. Terkadang bisa menyerang laptop kamu ketika restart atau shutdown, yaitu tiba-tiba instal important update dan itu lamaaaa sekali. Tentu merugikan sekali bukan? so, semoga ini bisa bermanfaat dan terimakasih telah membaca.

Admin Team